Minggu, 22 Desember 2013

KOMUNIKASI MENURUT WILBUR SCHRAMM



Model Komunikasi menurut: Wilbur Schramm

Wilbur Schramm membuat serangkai model komunikasi, dimulai dengan model komunikasimanusia yang sederhana (1954), lalu model yang lebih rumit yang memperhitungkanpengalaman dua individu yang mencoba berkomunikasi, hingga ke model komunikasi, yangdianggap interaksi dua individu. Model pertama mirip dengan model Shannon dan Weaver.Dalam modelnya yang kedua Schramm memperkenalkan gagasan bahwa kesamaan dalambidang pengalaman sumber dan sasaran-lah yang sebenarnya dikomunikasikan, karenabagian sinyal itulah yang dianut sama oleh sumber dan sasaran. Model ketiga Schrammmenganggap komunikasi sebagai interaksi dengan kedua pihak yang menafsirkan,menyandi-balik, mentransmisikan, dan menerima sinyal. Di sini kita melihat umpan balikdan lingkaran yang berkelanjutan untuk bebagi informasi.

Menurut Wilbur Schramm, komunikasi senantiasa membutuhkan 3 unsur:

•Sumber (source)
  Seorang individu (berbicara, menulis, menggambar, memberi isyarat) atau organisasiseperti (surat kabar, penerbit, stasiun televisi, atau studio film)
•Pesan (message)
  Dapat berbentuk tinta pada kertas, gelombang suara di udara, impuls dalam arus listrik,lambaian tangan, bendera di udara, atau setiap tanda yang dapat ditafsirkan.
•Sasaran (destination)

 Seorang individu yang mendengarkan, menonton atau membaca; atau anggotasuatu kelompok, seperti diskusi, khalayak pendengar ceramah, kumpulanpenontonsepakbola, atau anggota khalayak media masaa.




 
  Schramm berpendapat, meskipun dalam komunikasi lewat radio atau telepon enkoder dapatberupa mikrofon dan dekoder adalah earphone, dalam komunikasi manusia, sumber danenkoderadalah satu orang, sedangkan dekoder dan sasaran adalah seorang lainnya, dansinyalnya adalah bahasa. Untuk menuntaskan suatu tindakan komunikasi (communication act), suatu pesan harus disandi-balik.
  Sumber dapat menyandi dan sasaran dapat menyandi-balik pesan, berdasarkan pengalamanyang dimilikinya masing-masing. Bila kedua lingkaran memiliki wilayah bersama yangbesar, maka komunikasi mudah dilakukan. Semakin besar wilayah tersebut, semakinmiriplah bidang pengalaman (field of experience) yang dimiliki kedua pihak yangberkomunikasi.
  Bila kedua lingkaran itu tidak bertemu-artinya bila tidak ada pengalaman bersama-makakomunikasi tidak mungkin berlangsung. Bila wilayah yang berimpit itu kecil-artinya bilapengalaman sumber dan pengalaman sasaran sangat jauh berbeda-maka sangat sulit untukmenyampaikan makna dari seseorang kepada orang lainnya.
  Maka, bila kita tidak pernah belajar bahasa Rusia, kita tidak dapat menyandi ataupun menyandi-balik dalam bahasa tersebut. Seorang anggota suatu suku Afrika yang tidak pernah melihatsebuah pesawat terbang, ia hanya dapat menafsirkan pesawat yang terbang di atasnyaberdasarkan pengalaman apapun yang ia miliki. Pesawat itu mungkin dianggapnya seekorburung. 
 Menurut Schramm, seperti ditunjukan model kegiatannya,jelas bahwa setiap orang dalam proseskomunikasi adalah sekaligus sebagai enkoder dan dekoder. Kita secara konstan menyandi –balik tanda-tanda dari lingkungan kita,menafsirkan tanda-tanda tersebut, menyandisesuatu sebagai hasilnya. Tegasnya,anda menerima dan juga menyampaikan pesan. Maknayang anda hasilkan dari penyandian – balik (penafsiran) yang anda lakukan akan membuatanda menyandi. Misalnya begitu anda mendengar teriakan “Api”, anda mungkin akan segeraberteriak “tolong!” apa yang akan anda sandi bergantung pada pilihan anda atas berbagairespons yang tersedia dalam situasi tersebut dan berhubungan dengan makna tadi.
Proses kembali dalam model diatas dsebut umpan balik (feedback), yang memainkan peran sangatpenting dalam komunikasi, karena hal itu memberitahu kita bagaimana pesan kitaditafsirkan,baik dalam bentuk kata-kata sebagai jawaban, anggukan kepala,gelengankepala,kening berkerut,menguap,wajah yang melengos, dan sebagainya. Begitu juga suratpembaca kepada redaksi sebagai protes atas editorial yang ditulis surat kabar tersebut,ataupun tepuk tangan khalayak yang mendengarkan ceramah. Namun menurut Schramm,umpan balik juga dapat berasal dari pesan kita sendiri, misalnya kesalahan ucapan ataukesalahan tulisan yang kemudian kita perbaiki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar